Interesting Story about a Hospital in Malaysia

Kali ini saya akan menceritakan suatu pengalaman menarik orang tua saya yang baru pulang dari Malaysia. Sebelumnya saya ingin memberitahu terlebih dahulu bahwa saya bukan orang yang fanatik, saya tidak dibayar (><) untuk menceritakan ini.

Tujuan orang tua ke Malaysia adalah untuk mengobati mata ayah saya. Di Malaysia, mereka tidak hanya berdua, mereka juga ditemani oleh 1 saudara saya (wanita berusia 50an) yang berobat karena terjadi pengapuran di kaki.


Rumah sakit yang dikunjungi berada tidak jauh dari Timberland, Malaysia. Setelah mata ayah saya diperiksa, ternyata dapat disembuhkan hanya dengan obat. Namun, saudara saya ternyata terdapat benjolan di payudara dan empedunya terselimuti dengan lemak. Sebelumnya, wanita tersebut telah 3 kali berkunjung ke rumah sakit tersebut dan memiliki dokter tetap. Sekarang, yang memeriksa adalah dokter lain. Tapi, dokter baru ini ternyata telah berdiskusi dengan dokter sebelumnya dan sudah memiliki data mengenai saudara saya.

Saudara saya dianjurkan untuk operasi payudara dan empedu. Sebagai informasi, biaya untuk 1 kali operasi adalah 1.500 – 2.000 Rm. Seharusnya, saudara saya dikenakan 3000-4000 RM, namun dokter tersebut berkata,” Ibu, ibu dioperasinya langsung saja 2 2 nya, jadi biayanya kurang dari 2500 RM.” Alhasil tawaran tersebut diterima dan kini hasil operasinya SUKSES.

Ada peristiwa lebih menarik lagi. Orang tua saya melihat ada seorang anak dan ibunya berbicara dengan dokter (bahasa melayu). Kaki anak tersebut ternyata memiliki kelainan (kata ibu saya sih bengkok) dan ibu sang anak tidak mempunyai uang untuk pengobatan. Sang dokter ternyata mengambil keputusan yang sangat MENGEJUTKAN. Sang dokter mengajak 1 rekannya, kemudian mengoperasi sang anak TANPA BIAYA OPERASI SAMA SEKALI. Yang perlu dibayar oleh ibunya hanyalah untuk rawat inap saja. Kedua cerita tersebut menandakan bahwa rumah sakit tersebut tidaklah komersil dan mementingkan nilai kemanusiaan. Sangat mengharukan.

Cerita-cerita tersebut adalah cerita yang menurut saya perlu disebarluaskan, agar dapat memberikan inspirasi bagi rumah sakit-rumah sakit yang ada di Indonesia.
Apa hubungannya dengan bisnis? Yang paling berhubungan adalah mengenai CSR atau Corporate Social Responsibility ( tanggung jawab sosial perusahaan). Dapat dilihat bahwa bahkan dokter (seorang individu) dapat menjalankan social responsibility untuk perusahaannya. Jadi, CSR dapat dilakukan baik dengan skala kecil maupun skala besar oleh SETIAP INDIVIDU perusahaan. Pada akhirnya, kebijakan yang diambil oleh individu-individu perusahaan,dapat mengharumkan nama perusahaan dan meningkatkan Brand perusahaan tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah mendapatkan pengalaman menarik di rumah sakit Indonesia? Jujur saya belum pernah dirawat di rumah sakit >< dan jangan pernah yah ^^.
Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List