Understanding Business

Pada jaman sekarang banyak orang yang berusaha untuk membuat bisnis nya sendiri dengan berbagai cara. Sebagian orang mendirikan bisnis konvensional, sebagian lagi berusaha membangun bisnis network, bisnis online dan bisnis dengan bentuk lainnya. Namun demikian, walaupun memiliki wujud dan cara yang berbeda, tujuan yang ingin dicapai sama, yaitu ingin medapatkan keuntungan (profit).


Bisnis pada dasarnya merupakan pertukaran value dari produsen kepada konsumen (B2C) ataupun dari produsen ke produsen lainnya (B2B). Seseorang yang membuat bisnis atau usaha pasti akan mencoba untuk menawarkan produk ( baik berupa barang maupun layanan) kepada customer.

Ketika ingin membeli suatu barang, customer akan menimbang dalam benaknya, apakah barang tersebut memiliki nilai yang tertinggi (dibanding barang lainnya). Mengapa demikian? Jawabanya adalah karna customer ingin mendapatkan kepuasan setinggi-tingginya engan budget/ uang yang dimilikinya. Jadi, sebenarnya yang di beli oleh customer bukanlah barang/layanan, melainkan value / nilai (biasa dikenal dengan customer value) yang terkandung dalam barang tersebut.

Sebelumnya ditulis bahwa yang terjadi adalah pertukaran value dalam suatu bisnis. Value apa yang didapat oleh pembuat bisnis (produsen) dari customer? Salah satu nilai yang konkret diberikan oleh customer adalah profit. Value lainnya yang diberikan adala kepercayaan, loyalty dari customer dan lain-lain.

Jadi, sebagai pebisnis yang harus dilakukan adalah meningkatkan value untuk customer. Value tersebutlah yang dapat didulang menjadi profit. Bisnis adalah relasi antara produsen dengan customernya. Maka, berikanlah value yang terbaik kepada customer Anda apapun bentuk bisnis yang Anda lakukan.

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List