Strategic Square|Marketing Warfare by Jack Trout

Dalam bukunya yang berjudul Trout on Strategy, dijelaskan bahwa ada 4 tipe strategi yang dapat diambil oleh suatu perusahaan dalam menghadapi kompetitor. Jack Trout menekankan bahwa agar dapat berkembang, suatu perusahaan harus mengubah orientasi perusahaan menjadi competitor oriented (berorientasi kepada kompetitor) dan bukan consumer oriented.

Alasannya adalah karena setiap perusahaan yang ada, pada dasarnya memiliki konsumen yang serupa, bahkan cenderung sama. 1 individu masyarakat dapat menjadi konsumen dari berbagai merek / brand perusahaan. Bayangkan Anda berada dalam posisi konsumen dan bayangkan apa yang terjadi apabila semua perusahaan berorientasi pada Anda (konsumen). Maka Anda akan menganggap semua perusahaan adalah sama. Dalam Marketing Warfare karangan Jack Trout dikatakan bahwa market/ pasar adalah medan perang, kompetitor adalah musuh dan yang diperebutkan adalah benak atau pemikiran konsumen.
Dalam Strategic Square terdapat 4 strategi, yaitu:

1. Defensive Warfare

Merupakan strategi yang dilakukan oleh market leader (dalam benak konsumen). Cara-cara yang dilakukan adalah dengan menjaga market share yang ada ( menghadapi serangan kompetitor) dan terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan ide-ide baru.
Apabila suatu perusahaan telah menjadi market leader, biasanya perusahaan besar tersebut memiliki suatu penyakit yang kronis, yaitu enggan untuk berubah. Mereka merasa bahwa sistem/ ide yang ada telah terbukti berkualitas sehingga jarang mengganti atau memodifikasi sistem/ ide tersebut dengan ide yang baru. Namun dengan defensive strategy, perusahaan dituntut untuk selalu memodifikasi diri dengan ide-ide yang baru ( yang mendukung).

2. Offensive Warfare

Strategi ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki peringkat 2 atau ketiga dalam pasar. Tujuannya adalah untuk menggeser posisi leader pada market. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyerang market leader adalah denan menggunakan teknologi baru.

3. Flanking Warfare

Para perusahaan / pemain baru atau pemain kecil dalam suatu pasar dapat menggunakan strategi flanking ini untuk memperbesar usaha. Tujuannya adalah untuk menghindari pertempuran dalam suatu pasar. Biasanya yang dilakukan adalah dengan berpindah ke segment yang baru yang derajat kompetisinya rendah atau bahkan hampir tidak ada. Mungkin dapat digunakan blue ocean strategi agar tidak terjadi persaingan untuk sementara waktu.

4. Guerrilla Warfare

Prinsip utama Guerrilla strategi adalah mencari market yang kecil untuk dijaga dengan baik layaknya ikan besar di kolam yang kecil. Tujuannya adalah untuk mengamankan diri dari pertempuran sehingga dapat menghimpun kekuatan dan bertempur di lain hari.

Apa strategi yang sesuai dengan perusahaan Anda?

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List