Perusahaan dan Lebaran

Lebaran dan puasa merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya bagi umat muslim di berbagai negara. Perusahaan tentu ingin mengambil bagian dalam merayakannya. Alasannya adalah karena pada bulan tersebut, terutama lebaran, konsumsi masyarakat akan meningkat drastis dibanding dengan sebelumnya walaupun terjadi peningkatan harga yang cukup signifikan.

Banyak perusahaan yang menggelontorkan biaya advertising yang cukup banyak untuk meningkatkan penjualan. Yang paling sering melakukan hal tersebut adalah perusahaan-perusahaan dalam industri telekomunikasi. Mereka mengeluarkan paket khusus lebaran untuk pelanggannya, terutama untuk menelpon dan mengirimkan pesan (SMS). Bagi perusahaan dalam industri lain, biasanya yang dilakukan adalah dengan mengucapkan selamat lebaran, berpuasa, dan sebagainya.

Saya pribadi ingin bertanya kepada pembaca mengenai penting atau tidaknya advertising perusahaan dan promosi pada saat lebaran. Pertimbangannya adalah sebagai berikut.

1. Lebaran hanyalah 1 hari dalam setahun. Apakah menurut Anda promosi besar-besaran akan mendongkrak profit sehubungan dengan peningkatan biaya advertising?
2. Apabila Anda sebagai konsumen, apakah Anda menginginkan perusahaan mengucapkan selamat lebaran? Apabila iya, bagaimana caranya?
3. Apakah Anda jadi ingin membeli produk perusahaan yang memberikan ucapan selamat?
4. Apakah Anda mengingat- ingat perusahaan yang tidak memberikan ucapan selamat?
5. Apakah Anda akan terus memakai produk perusahaan yang memberikan promosi produk?
Tolong dibantu didiskusikan ^^.. moga2 dapat bermanfaat bagi semuanya, dalam konteks kali ini, terutama adalah perusahaan.
Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List