Yamaha|Corsa dan Lebaran 2009

Salah satu perusahaan yang menarik perhatian masyarakat pada lebaran kali ini adalah Yamaha. Yamaha bekerja sama dengan Corsa mengadakan kegiatan tukar tambah ban dengan harga yang terjangkau di Jalan Panjang Kedoya dan YAMAHA Flagship Store Cempaka Putih. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu ( 12 – 13 September 2009). Hanya dengan membayar sebesar Rp 25.000,00 , konsumen dapat mengganti 1 buah ban motor dengan ban yang baru.


Yamaha dan Corsa memberikan kuota, yaitu sebanyak 2000 ban setiap harinya. Namun, karena antusiasme konsumen yang sangat tinggi, kuota tersebut habis hanya dalam waktu dekat saja.

Menurut saya pribadi, program tersebut dapat dikatakan sukses karena dilancarkan pada waktu yang sangat tepat. Saya sendiri berada di sekitar Kedoya pada saat dilaksanakannya kegiatan tersebut. Sebetulnya, acara tersebut diadakan dalam skala yang cukup kecil, namun dengan publikasi yang baik. Dengan demikian, Yamaha dan Corsa dapat secara efektif dan efisien dalam rangka menyampaikan pesannya. Yamaha dan Corsa berharap bahwa acara tersebut dapat menjadi acara rutin tiap tahun.

Spesifikasi motor-motor mayoritas di Indonesia pada dasarnya sama. Perbedaan yang nyata adalah pada brand, perusahaan dan program yang dijalankan. Dengan mengadakan acara tukar tambah tersebut, Yamaha dan Corsa ingin menyampaikan pada konsumen bahwa mereka peduli terhadap keselamatan konsumen dan kualitas produk (service dan barang).
Yamaha, perusahaan yang memproduksi (rakit) motor, mengerti bahwa konsumen tidak hanya mencari motor saja, tetapi juga produk-produk lainnya. Kali ini, yang dibidik oleh Yamaha adalah ban. Namun kita mengetahui bahwa Yamaha bukanlah perusahaan yang spesialis dalam pembuatan ban. Oleh karena itu, Yamaha menggandeng Corsa dan membuat program bersama.

Dengan demikian, dapat diperoleh hasil yang maksimal untuk kedua brand tersebut.Saya sendiri sudah mendengar teman-teman saya membicarakan mengenai keunggulan Yamaha tersebut dan teman- teman saya yang menggunakan Yamaha menjadi bangga dan merasa memilih pilihan yang tepat (menurut mereka). Sebagai informasi, telah terdapat komunitas/ group pengguna Corsa di Facebook.

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List