Inspirational Manager Book : Summary

Inspirational manager berbeda dengan manager-manager pada umumnya. Inspirational manager merupakan orang-orang yang:
1. Memiliki belief dan values yang baik serta menjadikan belief dan values tersebut sebagai pedoman untuk berhubungan dengan orang lain. Dengan demikian, manager tersebut dapat menjadi inspirasi bagi rekan kerja maupn anak buahnya
2. Inspirational manager percaya bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan percaya bahwa kelebihan maupun kekurangan tersebut dapat dikembangkan
3. Konsisten
4. Memberikan kepercayaan kepada orang lain dan dapat dipercaya karena bertanggung jawab

Pada dasarnya inpirational manager terlebih dahulu harus mengetahui kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan berusaha untuk mengatasi kedua hal tersebut. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan, ia juga harus mengetahui gaya kepemimpinan apa yang sesuai untuk dia dan lingkungan kerjanya. Dengan demikian, maka inspirational manager harus menjadikan dirinya sebagai sosok yang harus diteladani oleh orang lain.

Dalam melakukan aktivitas bersama dengan rekan kerja atau bawahan, inspirational manager dapat mempercayakan/ mendelegasikan tugas-tugas dengan tetap bertanggung jawab atas hasil dari pekerjaan yang dilakukan bawahannya. Ketika melakukan delegasi, ia tetap menjaga, melatih dan membimbing anak buahnya.

Kesalahan anak buah dianggap sebagai peluang untuk belajar karena percaya bahwa dengan melakukan pengembangan diri dengan terus menerus, kelebihan dan kekurangan seseorang dapat dilatih.Dengan pembelajaran dan pelatihan yang terus-menerus, inspirational manager bertujuan untuk membangun sebuah kultur dan kebiasaan dalam suatu perusahaan yang dapat memberikan hasil yang memuaskan atau produktif.