Origin of The Brand : Book

Buku The Origin of The Brand dicetak pertama kali pada tahun 2004 dan memiliki tebal halaman sebanyak 320 halaman.


Dalam buku ini, Al ries menjelaskan mengenai beberapa topik yang penting, yaitu pengembangan merek suatu kategori dan bagaimana perusahaan dapat memperoleh keuntungan karena mengetahui hal tersebut. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan perusahaam-perusahaan yang berhasil maupun gagal menerapkan sistem dan pengetahuan yang diyakininya (seperti buku-buku sebelum dan sesudahnya). Gaya menulisnya sangatlah rasional dan menggunakan data-data historis yang konkret mengenai berbagai perusahaan baik yang besar maupun yang kecil.

Al Ries meyakini bahwa pada dasarnya suatu merek dimulai dari kategori produk yang sederhana dan berkembang menjadi kategori produk yang lebih spesifik dari sebelumnya. Teori yang sama disebutkan dalam buku tersebut adalah mengenai Teori Darwin. Al Ries percaya bahwa ke depannya produk-produk akan terbagi menjadi kategori-kategori yang lebih spesifik (divergence) dan bukan menjadi satu (convergence).Contoh: kategori personal komputer terpecah menjadi PC, Notebook, Netbook, Tablet PC dan seterusnya. Penulis tidak percaya akan era dimana produk-produk akan bergabung fungsinya menjadi 1, misalnya mesin cuci yang bisa nonton tv, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penulis percaya bahwa, jika perusahaan ingin mengambil keuntungan, yang harus dilakukan adalah memperkenalkan kategori produk spesifik yang baru dari produk yang sebelumnya sehingga memecah pasar. Meluncurkan produk kategori baru yang pertama akan memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan dengan pengikutnya.

Jika terdapat suatu produk kategori tertentu yang sudah lama dan tidak berhasil di pasar, maka perusahaan harus dengan tegas mengambil tindakan untuk memotong kategori tersebut dan memunculkan kategori yang baru.

Dengan mengetahui beberapa informasi di atas, diharapkan agar perusahaan dapat menikmati keuntungan. Secara keseluruhan, saya merekomendasikan buku ini untuk dibaca karena sangan baik dan sangat inspiratif.