Crocs in Indonesia

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai fenomena Crocs di Indonesia. Yang akan dibahas adalah mengenai strategi dan impactnya terhadap konsumen di Indonesia.

Ketika pertama kali masuk ke Indonesia, Crocs sempat menayangkan iklannya di TV yang bertujuan untu meningkatkan awareness masyarakat tentang keberadaan Crocs di Indonesia secara luas. Dikarenakan produknya yang sangat unik, maka masyarakat yang melihat iklan di TV tersebut menjadi tertarik karnanya. Alhasil, cukup banyak konsumen yang membeli.


Konsumen yang menggunakan sepatu Crocs tersebut akan menjadi pusat perhatian oleh karna produk Crocs yang memiliki bentuk, warna dan bahan yang unik. Masyarakat dengan sendirinya akan semakin aware terhadap Crocs dan menjadi tertarik untuk membeli, terutama bagi anak-anak dan remaja (karna warnanya yang bervariasi). Jadi, produk Crocs sendirilah yang menjadi pemeran utama dalam penjualan Crocs.

Faktor lain pendukung kesuksesan Crocs adalah kegiatan marketing Crocs,Inc. , terutama celebrity seeding. Dalam kegiatan tersebut, Crocs.Inc membagikan secara gratis produknya ke celebrity hollywood tertentu yang memiliki profile yang baik (high status). Nah, masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk mengikuti trend luar negri (fashion), terutama artis-artis Indonesia. Crocs,Inc. sempat menjadi trend diluar negri. Hal tersebut menyebabkan banyak artis Indonesia yang kemudian menggunakan sepatu Crocs dalam setiap aktivitasnya (syuting,jalan2,dll). Dengan demikian, awareness Crocs di Indonesia meningkat dengan pesat.

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List