Specialist's Advantages

Sebelumnya telah dibahas dalam postingan yang berjudul Spesialisas|Generalisasi mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan kedua belah cara. Namun secara keseluruhan saya lebih menyukai strategi spesialisas, bukan generalisasi. Semakin banyak produk yang dimiliki, maka perusahaan akan kehilangan fokus. Dengan demikian, terdapat peluang perusahaan untuk mengklaim bahwa ia adalah spesialisasi pada satu produk tertentu.

Apabila Anda menanyakan, “Apa keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan yang melakukan spesialisasi?” maka jawabannya adalah sebagai berikut:

1. Spesialis dapat fokus ke 1 produk, sehingga spesialis dapat dengan konsisten dan mudah menyampaikan message ke konsumen.

2. Dalam benak konsumen, spesialis dianggap lebih kompeten pada bidang tertentu daripada perusahaan yang general. Misalnya, dalam dunia kedokteran, dokter spesialis akan lebih dianggap ahli (pada bidangnya) dibandingkan dokter umum. Walaupun mungkin fakta mengatakan sebaliknya. Namun, dengan mendapatkan kesimpulan sementara (anggapan bahwa spesialis lebih ahli) dari konsumen, maka konsumen akan lebih mencoba spesialis daripada generalis.

3. Apabila spesialis tersebut adalah first mover di marketnya dan message sudah tersampaikan dengan baik ke konsumen, maka posisi perusahaan tersebut akan menjadi lebih kuat dibanding generalis. Terdapat kemungkinan yang lebih kecil untuk digeser posisinya ketimbang generalis.( Belum ada yang dapat menyaingi intel)

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List