Sub Branding merupakan konsep yang sudah lazim digunakan di Indonesia. Sub Branding adalah ketika brand perusahaan dimasukkan ke dalam package / advertising suatu produk walaupun produk itu memiliki brand lain. Misalnya Pepsodent yang ikut menyertakan nama Unilever. Biasanya ditulis dengan kata “diproduksi oleh”,dll.
Keuntungan yang diperoleh dari melakukan sub-branding adalah:
1. Nama perusahaan yang diikutsertakan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk sehingga meningkatkan penjualan
2. Nama perusahaan tersebut diharumkan jika produk tersebut sukses
3. Memenuhi tuntutan pemegang saham, karena biasanya mereka menginginkan nama perusahaan tersebut dicantumkan
Namun penempatan sub-brand tersebut harus dipertimbangkan dengan seksama, karena dapat mengakibatkan efek yang negatif. Bisa saja brand perusahaan yang sudah lama terbangun menjadi tidak fokus dengan penambahan lini produk baru, demikian sebaliknya.
Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List