How to Choose Brand Name

Terdapat pertanyaan yang muncul pada postingan sebelumnya yang berjudul brand as a strategy mengenai cara memilih nama brand yang baik.Semoga dalam postingan kali ini, pertanyaan tersebut dapat terjawab

Dalam memilih nama suatu brand, yang pertama kali harus dilakukan adalah mengenal secara mendalam mengenai seluk beluk suatu produk, baik cara penggunaan, fungsi / manfaat, tujuan, bahkan hingga bahan penyusun produk tersebut.

Setelah mengenal mengenai produk, lakukan searching di internet atau lihat daftar brand pada organisasi pengelola brand tentunya untuk melihat nama brand pada kategori yang ingin dimasuki.

Apabila bisnis yang akan dijalankan adalah bisnis dengan skala internasional, maka jangan gunakan nama brand yang memiliki arti yang buruk dan menimbulkan image negatif. Nama tersebut juga harus simple, enak didengar dan mudah diingat. Brand tersebut dapat terdiri dari 1 kata atau lebih.

Beberapa cara yang digunakan untuk menamakan brand misalnya:

1. Gunakan fungsi, bahan, tujuan, sifat suatu produk dalam nama brand. Misalnya, Aqua (yang sebenarnya artinya adalah air). Burger King adalah nama yang sederhana bukan? Tp konsumen akan mengetahui apa bisnis yang dijalankannya, mudah menangkap artinya, dan mudah mengingatnya.

2. Sebaiknya menggunakan kurang dari 4 kata untuk memudahkan konsumen dalam hal mengingat. Apabila menggunakan 3 kata, dapat digunakan singkatan. Contoh, BCA (Anda mengetahui sendiri singkatan BCA). Dan sebaiknya mencantumkan kepanjangan dari brand tersebut. Tapi bagaimana dengan ABC? Ketika membaca brand ABC, apakah Anda mengetahui kepanjangannya? Dan produk ABC sebenarnya identik dengan apa? Jawabannya akan bervariasi

3. Penambahan kata2 yang sebenarnya tidak memiliki arti sehingga enak didengar. Contoh Jco. Mungkin banyak yang tidak mengetahui arti brandnya, tp brand tersebut identik dengan donut ^^.

4. Pengulangan kata-kata . Misalnya adalah Burger Blenger, burger klenger, Crispy Cream ( bacanya mirip2). Biasanya dipakai untuk produk makanan

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List