Founding Fathers in Business

Ketika sedang membaca buku berjudul Inside Drucker’s Brain karangan Jeffrey A.Krames di kelas, saya ditanya oleh salah seorang teman. Dia berkata, “ Lagi baca apa?” Dan saya menunjukkan sampul depan buku tersebut. Dengan polosnya dia berkata,” Siapa tuh Drucker?” Lebih parahnya lagi, dia menyebut beliau dengan menggunakan huruf “U” dan bukannya huruf “A” sehingga terdengar sebagai Duker (dalam bahasa indonesia). Saya langsung mengusap – usap dada dan berkata padanya,” Beliau adalah Father of Management”

Celakanya, teman saya dan saya kuliah di sekolah bisnis di Jakarta dan berada pada semester 7. Mahasiswa semester 7 di business school seharusnya mengetahui hal tersebut. Setelah saya perhatikan, ternyata banyak mahasiswa yang memiliki ketidak tahuan yang sama. Mereka jarang sekali membaca. Tidak membaca merupakan awal dari kebodohan. Saya tidak berkata bahwa teman saya tidak membaca, namun mungkin dosisnya kurang. Oleh karena itu, saya ingin mendaftar para pencetus ide/subjek tertentu dalam bisnis. Semoga dapat membantu.

Penomoran yang ada di sini tidak menunjukkan suatu urutan tertentu terkadang, terdapat beberapa nama pada setiap kategori.

1. Father of Management : Peter F. Drucker
2. Father of Marketing : Philip Kotler
3. Father of Positioning : Jack Trout
4. Father of Internet : Vint Cerf
5. Father of Six Sigma : Bill Smith
6. Founding father of finance : Alexander Hamilton
7. Father of accounting : Luca Pacioli
8. Father of Psychology : Wilhelm Maximilian Wundt
9. Father of Motivation : Dr. Wayne Dyer
10. Father of NLP : Dr. Richard Bandler dan Milton Erikson
11. Father of Financial analysis and value investing : Benjamin Graham
12. Father of Advertising : David MacKenzie Ogilvy
13. Father of Modern Advertising : John Wanamaker
14. Father of Risk : Peter L. Bernstein
15. Father of Public Relation : Erdward Bernays
16. Father of Problem Solving : George Polya
17. Father of innovation : Eugene M. Lang
18. Father of Market Research : Charles Coolidge Parlin
19. father of competitive strategy thinking : Michael Porter

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List