Asymetric Information

Asymetric information, sesuai dengan namanya adalah terjadinya ketidak seimbangan atau tidak seragamnya suatu informasi antara seseorang dengan orang yang lain. Misalnya, ada orang yang mengetahui banyak informasi mengenai dunia kedokteran, sedangkan memiliki sedikit informasi mengenai bisnis.

Kejadian tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, baik dari sisi internal ataupun eksternal. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan asymetric information misalnya:
1. Perbedaan bahasa, adat istiadat, personality individu
2. Perbedaan lokasi tempat tinggal
3. Perbedaan kemampuan berpikir dan mencerna informasi
4. Perbedaan aktivitas antar individu
5. Dll

Dalam dunia bisnis, adanya asymetric information pada dasarnya menandakan bahwa adanya peluang dalam meningkatkan atau menurunkan keuntungan perusahaan. Bayangkan Anda adalah supplier suatu barang yang akan membuat perjanjian jual beli dengan perusahaan X. Perusahaan X tidak mengetahui informasi mengenai harga pasar barang Anda, jumlah yang beredar, supplier lain,dsb. Sedangkan Anda mengetahui hal tersebut. Maka yang pada umumnya dilakukan adalah dengan menaikkan tingkat harga yang mendekati kemampuan membeli perusahaan tersebut. Dengan kata lain, supplier mendapatkan keuntungan dan perusahaan mendapat kerugian secara ekonomi (economic loss). Sesungguhnya, banyak sekali peluang yang dapat diambil dengan memanfaatkan hal tersebut.

Informasi adalah segalanya. Seseorang/perusahaan yang dapat memperoleh informasi lebih dahulu dibandingkan dengan kompetitornya dan dapat mengolahnya dengan baik, maka perusahaan atau orang tersebut dapat memperoleh keuntungan yang banyak. Peluang hanya didapat oleh mereka yang memiliki informasi.

Bagaimana menurut Anda?
Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List