About Competition

Telah dibahas sebelumnya dalam postingan yang berjudul Mengenal Bisnis bahwa bisnis adalah pertukaran value. Namun terkadang, Value yang ditawarkan oleh produsen tidak selalu diterima sama besarnya oleh setiap customer, hal ini disebabkan oleh :

-Customer/ pihak tersebut tidak tahu mengenai value yang dtawarkan oleh perusahan tersebut.
-Value yang ditawarkan produsen masih kurang tinggi di mata customer, disebabkan oleh beragamnya selera dan value tersebut tidak/belum dirasakan bermanfaat


Oleh karna itu, produsen akan semakin gencar untuk menawarkan value kepada customer dengan berbagai cara sehingga tingkat kompetisi dalam pasar tersebut menjadi lebih tinggi.

Apa yang menjadi sumber dari kompetisi tersebut? Terdapat beberapa sumber yang menjadi penyebab kompetisi, antara lain

1. Supplier’s power
Bargaining power dari supplier yang tinggi sehingga harga dari input bisa diatur. Bargaining power yang dimaksud adalah kuat lemahnya produsen dalam menawar harga bahan baku dari supplier.

2. Buyer’s power
-Informasi yang dimiliki buyer sangat kuat terhadap suatu barang atau suatu industri.
-Sensitivitas terhadap harga. Apabila dalam suatu pasar, umumnya customer memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap harga, maka persaingan akan cenderung tinggi karena mayoritas produsen akan memainkan faktor harga

3. Substitutes
Yaitu banyak atau sedikitnya jumlah barang pengganti yang terdapat dalam suatu pasar. Misalnya kereta api pada jaman sekarang dapat digantikan dengan pesawat terbang karena harga tiket pesawat terbang yang kian murah.

4. New entrants
-Barriers to entry : halangan bagi perusahaan baru untuk masuk ke pasar tertentu. Contoh : besarnya modal yang dibutuhkan, regulasi, dll.
-Barriers to exit : halangan bagi suatu perusahaan untuk keluar dari pasar. Contoh : apabila perusahaan tersebut telah berinvestasi pada aset yang sangat terspesialisasi, hal ini mengakibatkan cost of exit yang tinggi.

5. Intra industry competitors, yaitu perusahaan lain dalam market yang sama

Bagaimana tingkat kompetisi di market Anda?

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List