Info Franchise

Banyak orang yang ingin membuka usahanya sendiri, namun banyak yang mengalami kegagalan pada saat pelaksanaannya. Banyak sumber yang telah menyatakan bahwa 80% bisnis yang baru tidak akan bertahan di tahun pertama, dan akan gagal di tahun – tahun berikutnya dengan persentase yang sama. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena kebanyakan enterpreneur yang ada kurang atau bahkan tidak memiliki pengalaman yang relevan sesuai dengan usahanya, terutama pada bidang manajemen. Terkadang, konsep bisnis baru yang dijalankan tersebut masih prematur (belum matang) dan tidak tahan uji.


Di Indonesia, terdapat banyak alternatif yang diberikan bagi mereka yang ingin membuka usaha tapi memiliki modal, waktu, pengalaman yang belum mencukupi untuk membuka usaha sendiri, yaitu franchise atau waralaba. Sistem franchise ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan sudah cukup berkembang. Variasi yang ada di Indonesia pun terbilang banyak.

Berikut adalah tips untuk memilih franchise yang baik
1. Tentukan terlebih dahulu kategori franchise yang diinginkan dan disesuaikan dengan lokasi (terutama bila sudah terdapat lokasi tertentu yang tersedia). Analisa demand / permintaan masyarakat di konsumen tersebut.

2. Setelah menentukan kategori, tentukan franchisor / pewaralaba yang diinginkan. Tentunya disesuaikan dengan budget. Saran saya adalah memilih franchise yang memberikan BEP sekitar 1 tahun, namun hal tersebut tergantung jumlah modal yang disetor. Lebih cepat balik modal, lebih baik. Jangan mudah terbawa trend tertentu. Yang Anda inginkan adalah membuat usaha jangka panjang (tidak hanya pada saat booming saja)

3. Jangan mudah percaya dengan ilustrasi keuangan yang diberikan. Analisa terlebih dahulu. Alasannya adalah karena mereka menjual franchise mereka sehingga terdapat kemungkinan bahwa data keuangan tersebut tidak objektif

4. Gunakan fasilitas yang diberikan sebaik-baiknya. Konsultasilah dengan master franchise mengenai perkembangan usaha, terutama dari segi manajemen,pemasaran, dan keuangan.

5. Pilihlah orang yang tepat (jujur dan bertanggung jawab) karena kita tidak mungkin mengawasi terus menerus dan kemungkinan kita akan membeli beberapa franchise tambahan.

6. Menurut saya pribadi, setelah modal kembali, gunakan uang tersebut untuk membeli franchise, demikian seterusnya. Semakin banyak franchise yang dimiliki, maka income akan semakin meningkat.

Demikian tips-tips memilih franchise yang tepat. Terima kasih

Silahkan lihat artikel bisnis lainnya di Business Article List